Doa Awal Tahun dan Akhir Tahun: Memulai dan Mengakhiri dengan Berkah

Doa Awal Tahun dan Akhir Tahun: Memulai dan Mengakhiri dengan Berkah

Mengawali dan mengakhiri tahun dengan doa merupakan tradisi yang banyak dijalankan oleh umat Islam. Doa ini bukan hanya untuk memohon perlindungan dan keberkahan, tetapi juga sebagai refleksi diri atas apa yang telah dan akan kita lakukan. Berikut adalah doa awal tahun dan akhir tahun yang bisa Anda amalkan.

Doa Awal Tahun

Doa awal tahun ini dibaca saat memasuki tahun baru Hijriyah. Dengan doa ini, kita memohon agar diberikan kekuatan, perlindungan, dan petunjuk dari Allah SWT untuk menghadapi tahun yang baru.

Doa Awal Tahun:

اللَّهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَزَلِيُّ، وَهَذَا عَامٌ جَدِيدٌ قَدْ أَقْبَلَ، نَسْأَلُكَ فِيهِ العِصْمَةَ مِنَ الشَّيْطَانِ، وَالإِعَانَةَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوءِ، وَالإِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنَا إِلَيْكَ، يَا كَرِيمُ يَا ذَا الجَلاَلِ وَالإِكْرَامِ، يَا اللهُ، يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ.

Artinya:

"Ya Allah, Engkaulah Yang Maha Abadi, Dahulu, Lagi Awal. Dan hanya kepada anugerah-Mu yang Agung dan kedermawanan-Mu tempat bergantung. Dan ini tahun baru telah tiba, kami memohon kepada-Mu perlindungan dari setan dan kekuatan untuk melawan nafsu yang mengajak kepada kejahatan serta kesibukan dalam hal yang mendekatkan kami kepada-Mu, wahai Tuhan yang Maha Pemurah, wahai yang Maha Agung dan Mulia, wahai Allah, wahai Yang Maha Pengasih di antara semua yang mengasihi."

Doa Akhir Tahun

Doa akhir tahun ini dibaca pada akhir tahun Hijriyah. Dengan doa ini, kita memohon ampunan atas segala dosa yang telah kita perbuat selama setahun yang lalu, serta meminta keberkahan untuk tahun yang akan datang.

Doa Akhir Tahun:

اللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ فِي هَذِهِ السَّنَةِ مِمَّا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ تَرْضَهُ وَنَسِيتُهُ وَلَمْ تَنْسَهُ وَحَلُمْتَ عَلَيَّ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوبَتِي، وَدَعَوْتَنِي إِلَى التَّوْبَةِ بَعْدَ جَرَأَتِي عَلَى مَعْصِيَتِكَ، اللَّهُمَّ فَإِنِّي أَسْتَغْفِرُكَ مِنْهُ فَاغْفِرْ لِي، وَمَا عَمِلْتُ فِيهَا مِنْ عَمَلٍ تُرْضَاهُ وَوَعَدْتَنِي عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَتَقَبَّلْهُ مِنِّي وَلاَ تَقْطَعْ رَجَائِي مِنْكَ يَا كَرِيمُ.

Artinya:

"Ya Allah, apa saja yang telah aku lakukan di tahun ini dari hal-hal yang Engkau larang dan aku melupakannya sedangkan Engkau tidak melupakannya dan Engkau Maha Penyantun setelah kemampuan-Mu untuk menghukumku, dan Engkau menyeruku untuk bertobat setelah keberanianku bermaksiat kepada-Mu. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon ampunan-Mu atasnya, maka ampunilah aku. Dan apa saja yang telah aku lakukan di tahun ini dari amal yang Engkau ridhai dan Engkau janjikan pahala atasnya, maka terimalah dariku dan jangan Engkau putus harapanku dari-Mu, wahai Yang Maha Mulia."

Mengawali dan mengakhiri tahun dengan doa adalah langkah bijak untuk memohon perlindungan dan berkah dari Allah SWT. Semoga kita selalu diberikan kekuatan untuk menjalani kehidupan ini sesuai dengan ajaran-Nya. Selamat tahun baru Hijriyah, semoga tahun ini membawa banyak kebaikan dan keberkahan untuk kita semua.

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.